Coba pelototin gambar-gambar motor di atas:
- Honda CB300
- Yamaha Fazer 250
- Bajaj Pulsar 220 DTS-i
Yup…mengamati sepak terjang ATPM motor sejak awal tahun, ane jadi berspekulasi sendiri bahwa jagoan-jagoan besar ATPM akan di-unleash paling tidak pada akhir tahun 2010 ini.
Teringat ketika Bajaj meluncurkan Pulsar 180 pada kuartal akhir 2006, sambutan konsumen begitu meriah..Bajaj berhasil berselancar dan meraup keuntungan diatas kebosanan konsumen akan desain dan fitur motor Jepang yang itu-itu saja.
Bagaimana dengan tahun 2010 ini?
Setelah motor-motor low dan mid-end dilepaskan, maka biasanya sang jagoan besar akan dilepaskan paling akhir. Ini bukan rumus baku sih..sehubungan dengan pasaran motor sport aka. batangan yang saat ini cuma 7% sampai 8%. Tapi trend nya naik..! Banyak konsumen yang mulai berani berkendara dengan kebanggaan, dan motor sport mengakomodasi kebutuhan tersebut.
Kawasaki Ninja 250R dan KLX250 tidak akan santai melenggang sendiri..!
Tengok saja Honda CB300. Dengan kubikasi “berani” sebesar 300cc, form factor naked bike dan desain yang unik, konsumen akan punya pilihan lebih. Lha wong AHM saja sudah berani meluncurkan Unicorn Dazzler yang dilabeli New Megapro baru-baru ini, bukan tidak mungkin Honda CB300 yang sejatinya dibuat untuk pasaran Amerika Selatan ini ikut dilepaskan di Indonesia.
Tandem
Sebenarnya ada satu jagoan lagi yang pantas diberi gelar jagoan besar yaitu Honda CBX250 Twister, tapi menurut ane desainnya yang too ordinary dan rem belakang yang masih tromol tidak memiliki value untuk bersaing.
Yamaha
Tengok lagi jagoan besar dari Yamaha. Otot kekar dari Fazer 250 akan pas bersanding dengan rider Indonesia yang tambun..hehehe..dengan spesifikasi mesin ala Yamaha Scorpio 225, desain body yang fresh dan gambot pasti akan membuat calon penunggangnya berpikir, inilah Yamaha Byson dengan more power, more muscle.
Tandem Yamaha
Seperti Honda, Yamaha mungkin saja akan meluncurkan tandemnya yaitu Scorpio 225 Facelift dengan desain body mirip Fazer, knalpot midship ala Byson namun dengan kubikasi 225cc.
Bajaj
Nah..ini dia “most anticipated Indian bike” alias motor India yang paling ditunggu-tunggu. Dengan kubikasi 220cc dan DTS-i serta desain dengan dua pilihan yaitu non-fairing (seri 220S) dan half fairing (seri 220F), Pulsar generasi terakhir ini dapat dipastikan akan menghuni garasi rumah ane..hehehe..
Tandem Bajaj
Apa yang akan jadi tandem buat Pulsar 220? Belum jelas..apa yang akan diluncurkan Bajaj pasca Pulsar 220 masih gelap. Akankah KTM Duke 125?
Bagaimana dengan ATPM lainnya?
Well…ane sebenarnya berharap banyak Suzuki dapat “bangkit dari mati suri” di ranah motor sport. Yah..paling tidak dengan Thunder 250nya atau FXR150 yang di facelift. Tapi yah..harapan tinggal harapan tho.
Motor jangkrik
Gimana dengan motor lain yang juga berkubikasi >200cc?
Waduh..meskipun cc besar tapi kalau kualitas meragukan, yah.. harap minggir dulu lah.. tahu diri dikit.
Nah..usai membaca teaser motor-motor baru di atas, ane lalu berkaca…Ehhh…keluar pantulan Ninja 250 di garasi.
Kalau dipikir-pikir, semua motor kompetitor di atas semuanya masih single cylinder alias dapur pacunya cuma satu. Jadi buat yang sudah meminang Ninja 250R, berbahagialah dan tak perlu termakan bujuk rayu ATPM sebelah, karena ente sudah memiliki satu-satunya motor twin cylinder yang legal melaju di Indonesia (kecuali buat yang punya Suzuki GS500 Slingshot atau Kawasaki EX500.
Sekali lagi, ini hanya spekulasi alias ramalan ane setelah terkena goyangan keras di dalam Boeing 737 tujuan Semarang..benar atau salahnya kita serahkan pada Nelson Brothers dengan hits lawasnya yang legendaris “Only Time Will Tell”. Buat yang penasaran, silakan simak bonus hits nya sebagai berikut
Referensi :
0 komentar:
Posting Komentar